DATA DETIL
Konflik Pertambangan PT Ififdeko di Tiga Desa Kecamatan Tinanggea

 SULAWESI TENGGARA, KAB. KONAWE SELATAN

Nomor Kejadian :  26_IM_HUMA
Waktu Kejadian :  01-01-2012
Konflik :  Nikel
Status Konflik :  Dalam ProsesMediasi
Sektor :  Pertambangan
Sektor Lain  :  
Luas  :  0,00 Ha
Dampak Masyarakat  :  0 Jiwa
Confidentiality  :  Public

KETERLIBATAN

  • PT Ififdeko
  • Desa Asingi
  • Desa Lalonggasu
  • Desa Roraya

KONTEN


Pada Januari 2012, Ratusan warga di empat desa di kecamatan Tinanggea menggelar aksi. Mereka menolak keberadaan perusahaan tambang PT Ififdeko, karena dianggap berdiri diatas lahan mereka. Aksi ratusan warga tersebut dipusatkan di lokasi PT Ififdeko. Mereka sengaja melakukan aksi dilokasi tersebut karena mengklaim perusahaan tersebut telah mengambil tanah garapan warga dan tidak membayar ganti rugi kepada warga. Apalagi, perusahaan diketahui telah melakukan aktivitas penambangan. Jika tidak, warga mengancam akan menduduki perusahaan tersebut.

Akibat aksi tersebut, aktivitas di area pertambangan dilaporkan sempat terhenti. Warga sedianya mau menduduki lahan tersebut sejak kemarin. Namun niat warga tersebut batal setelah Camat Tinanggea bersedia mempertemukan warga, Pemda Konawe Selatan serta pihak perusahaan.

Perusahaan berjanji akan memprogramkan mengenai kewajiban kesejahteraan terhadap warga yakni melalui corporate social responsibility (CSR) yang akan diserahkan melalui pemerintah daerah setempat dan juga melalui pola commodity development (comdev) yang diserahkan langsung kepada warga sekitar kawasan konsensi perusahaan itu.
.


Data Humawin dan https://sultra.antaranews.com/berita/263379/pt-ifishdeco-tidak-akan-hentikan-aktivitas-penambangan

LAMPIRAN

--Tidak Ada Lampiran--