DATA DETIL
Penolakan TNKS diatas Ulayat Nagari Kambang

 SUMATERA BARAT, KAB. PESISIR SELATAN

Nomor Kejadian :  3
Waktu Kejadian :  05-04-2006
Konflik :  Taman Nasional
Status Konflik :  Belum Ditangani
Sektor :  Kehutanan Konservasi
Sektor Lain  :  
Luas  :  11.410,00 Ha
Dampak Masyarakat  :  0 Jiwa
Confidentiality  :  Private

KETERLIBATAN

  • BKSDA
  • Kementerian Kehutanan
  • Nagari Kambang

KONTEN

1. Para niniak mamak, angku datuak, cadiak pandai, alim ulama dan anak kemenakan nagari kambang melakukan diskusi dan melahirkan sebuah kesepakatan untuk mengatur penentuan kawasan hutan adat dan ini disampaikan kepada Bupati dan DPRD.
2. KAN membuat surat keputusan dengan SK No.9/Kep/KAN-KBG/2006 tentang penetapan ketentuan hutan ulayat kaum dan hutan ulayat nagari.
3. Selasa, 3 April 2007, TNKS wilayah medan dan dari Dinas Kehutanan Kabupaten Pesisir Selatan dating ke kantor Wali Nagari Kambang memberitahukan tentang adanya pematokan ulang dari pihak TNKS karena patok lama banyak yang hilang. Namun wali nagari tidak mengizinkan karena harus ada sosialisasi atau pemberitahuan terlebih dahulu kepada masyarakat nagari Kambang.
4. Kamis, 5 April 2007, masyarakat dengan pihak TNKS medan mengadakan diskusi di kantor KAN Kambang yang dihadiri oleh Camat dan masyarakat Nagari Kambang, dalam diskusi tersebut masyarakat meminta kepastian data dan peta dari versi dinas kehutanan/TNKS sehingga jelas daerah-daerah yang masuk wilayah TNKS. Dalam diskusi tersebut putusan akhirnya adalah
a. Menolak secara tegas atas dilakukannya pematokan ulang
b. Patok yang ada telah termasuk kedalam kawasan hutan adat masyarakat
c. Apabila tetap dilakukan maka masyarakat nagari Kambang tidak bertanggung jawab atas hal-hal yang menimpa keselamatan, keamanan pihak-pihak yang dimaksud.


Perkumpulan Qbar

LAMPIRAN

--Tidak Ada Lampiran--