DATA KONFLIK

No

Tahun

Judul

Klip

Konflik

Sektor

 

1 2000 Merebut Kembali Lahan Masyarakat Adat Tau Taa Wana dari Taman Nasional Kepulauan Togean dengan Pembuatan Perda Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat adat di Kabupaten Tojo Una-Una Masyarakat Adat Tau Taa Wana yang berada di Kabupaten Tojo Una-Una Provinsi Sulawesi Selatan merasa resah dengan ditetapkannya Taman Nasional Kepulauan Togean pada tahun 2000 dikawasan wilayah adat. Selain adanya Taman Nasional, masyarakat diresahkan dengan hadirnya izin Perkebunan PT. Kurnia Luwuk Sejati dan izin Pengelolaan Hutan PT. Balantak Raya. Masyarakat adat Tau Taa Wana merasa perlu mengajukan Perda Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Adat di Kabupaten Tojo Una-Una.
Taman Nasional
Kehutanan Konservasi
2 2017 Kisah Masyarakat Adat Tau Taa Wana yang Terdesak
Perkebunan Kelapa Sawit
Perkebunan
3 2011 Masyarakat Tau Taa Wana Melawan PT. Kurnia Luwuk Sejati Konflik antara pihak perusahaan dengan masyarakat tua taa dimana menurut mereka wilayah adat merupakan salah satu jati diri mereka jika diganggu maka hidup mereka juga terganggu.
Perkebunan Kelapa Sawit
Perkebunan
4 1997 Sengketa Kebun Kelapa Sawit Vs MHA Tua Taa Wana Sejak 1996, Murad membuka perkebunan sawit skala besar di Toili Kabupaten Banggai. KLS mendapat izin pengelolaan hutan tanaman industri (HTI) 13.000 hektar dengan dana pinjaman pemerintah untuk penanaman sengon dan akasia Rp11 miliar. Hingga kini dana tidak dikembalikan dan lahan HTI malah jadi kebun sawit. Sementara pejuang agraria Eva Bande yang memerjuangkan tanah rakyat yang dirampas PT KLS ditangkap karena dianggap melakukan kejahatan di depan penguasa umum. Kemudian penutupan jalan produksi petani di Desa Piondo oleh perusahaan sawit PT Kurnia Luwuk Sejati. Ternyata PT KLS menutup jalan karena berencana menggusur kebun kakao milik petani di Desa Piniodo
Perkebunan Kelapa Sawit
Perkebunan
5 2010 Terenggutnya Areal Penggembalaan dan Berkebun Orang Toiba
Cagar Alam
Kehutanan Konservasi
6 2017 Warga UPT Trans Bayang belum memperoleh legalitas atas tanah yang mereka tempati.
hutan
Kehutanan Produksi
7 2016 Kriminalisasi terhadap warga Duyu yang memanfaatkan lahan HGB PT Duta Dharma Bhakti
hutan
Kehutanan Produksi
8 2017 PT PN 14 (PT SPN) menyerobot lahan warga Desa Lee
PTPN
Perkebunan
9 2017 Konsesi PT Taman Hutan Asri membuat usulan Masyarakat untuk mendorong Hutan Desa ditolak.
Perum Perhutani
Perkebunan
10 2017 PT BHP menyerobot tanah masyarakat Bukit Jaya
Perkebunan Kelapa Sawit
Perkebunan
Displaying : 1 - 10 of 28 entries, Rows/page: