DATA KONFLIK

No

Tahun

Judul

Klip

Konflik

Sektor

 

1 1981 Konflik PG Cinta Manis, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan Pada awal mulanya PTPN VII merupakan bekas perkebunan kolonial Belanda. Masyarakat yang menjadi pekerja-pekerja paksa di perkebunan Belanda itu masih menggarap lahan hingga 1942, ketika Belanda menyerah kepada Jepang. Nasionalisasi perkebunan eks hak erfpacht tersebut baru dapat dinasionalisasi pada 10 November 1957. Secara legal formal diterbitkan lah PP No. 14 yang dilanjutkan PP No. 114-175 pada tahun 1959. Kemudian, perkebuanan tersebut dibagi menjadi beberapa unit-unit usaha berdasarkan jenis komoditas pada tahun 1963 yang banyak di antaranya adalah perkebunan karet.
PTPN
Eks-Perkebunan
Perkebunan
2 2016 Ribuan Masyarakat Adat Semangus Duduki Lahan Sengketa di Musi Rawas Tanah warga tempat menanam singkong dan tanaman yang lain diserobot oleh PT MHP. Konflik ini bermulai sejak tahun 1996, namun hingga kini PT MHP terus memperluas hingga menyerobot tanah masyarakat adat Semangus seluas 5.000 hektar
hutan
Kehutanan Produksi
3 2016 Perampasan Lahan Masyarakat Adat Marga Bulang Tengah Semangus Jauh sebelum merdeka Marga Bulang Tengah Semangus Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas Propinsi Sumatera Selatan telah mendiami wilayah adat mereka.
hutan
Kehutanan Produksi
Displaying : 1 of 3 entries, Rows/page: