DATA KONFLIK

No

Tahun

Judul

Klip

Konflik

Sektor

 

1 1968 Konflik Lahan di Padang Halaban Pada tahun 1968, Rasyim dan warga desa dikumpulkan di balai agung (sekarang disebut balai desa). Warga disuruh menyerahkan surat KTPPT dengan alasan akan diperbarui. Ternyata, setelah surat-surat itu diserahkan, warga diusir dari tanah yang mereka kuasai. Warga yang melawan, atau menolak menyerahkan surat KTPPT, akan dilabeli anggota BTI atau simpatisan PKI agar tindakan represif terhadap mereka mendapat pembenaran.
Perkebunan Kelapa Sawit
Perkebunan Karet
Perkebunan
2 2013 PT Aquafarm Nusantara dan PT Suri Tani Pemuka dengan Masyarakat Toba Ribuan Keramba Jaring Apung (KJA) membawa akibat yang sangat besar bagi kualitas air danau. Untuk sekedar tau saja, ikan yang jumlahnya jutaan itu dipelihara dengan memberi pakan buatan. Sebagian (mungkin sebagian besar) pakan itu tidak habis dimakan oleh ikan, lalu mengendap di dasar danau. Dengan proses alamiah pakan yang mengendap itu berubah menjadi limbah yang menumpuk dan menghabiskan kadar oksigen yang terdapat dalam air. Sudah tentu jutaan ikan itu juga menghirup oksigen dari dalam air dan kemudian membuang limbah CO2 ke dalam air.
Perairan
3 2017 MA Pandumaan-Sipituhuta Vs PT Toba Pulp Lestari Tbk Konflik yang terjadi antara PT Toba Pulp Lestari dengan MA Pandumaan-Sipituhuta yang berawal dari pemberian izin usaha oleh Kementerian Kehutanan yang pada dasarnya kawasan yang diberikan masi berupa penunjukan dan belum sampai pada tahap pengukuhan sehingga terjadi tumpang tindih kawasan usaha dengan kawasan masyarakat adat yang berakibat pada penebangan ratusan pohon kemenyan yang telah ditanam oleh masyarakat adat sejak 300 tahun silam berubah menjadi penanamn hutan ekualiptus.
hutan
Kehutanan Produksi
4 2014 Toba Pulp Lestari VS Masyarakat Adat Padumaan-Sipituhuta Konflik antara perusahaan Toba Pulp Lestari dengan masyarakat adat di Tapanuli sudah berlangsung sekitar tiga dekade terakhir. Namun belum ada tanda-tanda akan meredanya konflik akut ini, mengingat be
hutan
Kehutanan Produksi
Displaying : 1 of 4 entries, Rows/page: